Tuesday, June 05, 2012

Membuat Bootable USB Flashdisk untuk Instalasi Archlinux


Memenuhi rikues dari master Why Madara, saya postingan tutorial instalasi distro Archlinux.
Dimulai dengan membuat bootable installernya, saya pake USB flashdisk.
Oke ini artikel dari blog lama saya yang pernah saya hosting dulu, copas aja untuk saya tuliskan kembali di sini. Semoga bermanfaat :)
Daripada burning file .iso linux ke CD/DVD, banyak orang memilih menginstall linux menggunakan media USB flashdisk. Karena memang lebih praktis, tidak perlu menyediakan beli CD/DVD blank tiap mau install linux.
Kali ini Ardhi share dikit tentang pembuatan media instalasi Archlinux menggunakan USB flashdisk. Ardhi menggnakan file iso installer Archlinux keluaran Agustus 2011 (filenya archlinux-2011.08.19-core-x86_64.iso, bisa cari tuh di kambing).
File iso Archlinux ini sudah berbentuk hybrid iso, maksudnya tuh file iso-nya bisa di"copy" langsung ke flashdisk tanpa harus pake tool tambahan seperti unetbootin.
CATATAN : pembuatan bootable USB flashdisk ini Ardhi lakukan di linux (distro apa aja ga masalah, yang kita pake cuman CLInya). Untuk meng"copy" file iso Archlinux ke flashdisk, pakai perintah dd yang polanya kayak gini:

dd if=path_file_iso of=device

device itu adalah perangkat USB flashdisknya, merujuk ke /dev/sdX. Biasanya klo harddisk itu /dev/sda sedangkan flashdisk bisa sdb, sdc, dst. Untuk mengetahui devicenya dengan pasti, eksekusi perintah di bawah ini sebagai root
fdisk -l
Kalau di lepi Ardhi, flashsiknya di /dev/sdb sedangkan file iso Archlinux ada di /home/arch, sehingga Ardhi pake perintah ini (sebagai root) :

dd if=/home/arch/archlinux-2011.08.19-core-x86_64.iso of=/dev/sdb

Tunggu sampai selesai trus reboot lepinya dan booting lewat flashdisk deh :)

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.