Thursday, December 01, 2011

Menjajal OpenSUSE 12.1 KDE Desktop

 Belum lama ini saya mengunduh OpenSUSE 12.1 yang memang masih hangat2nya rilis. Ndak seperti Ubuntu ato Fedora yang mengetokkan versi baru tiap semester, OpenSUSE mengetokkan rilis baru sekitar 8 bulan sekali.
Karena saya sudah lama tidak menyicipi KDE, saya memutuskan untuk menjajalnya di distro OpenSUSE 12.1 ini. Berbekal koneksi gratisan, saya mengunduh dari server kambing.

Akhirnya dapatlah saya menjajal KDE 4.7.1 yang disematkan pada rilis OpenSUSE ini.
Memang tak salah jika disebutkan bahwa KDE adalah desktop tercantik untuk OS keluarga unix ini, tampilannya memanjakan mata saya

Fasilitas search (Alt+F1) muncul sebagai popup cantik

OpenSUSE 12.1 ini juga dilengkapi dengan LibreOffice 3.4.2

Namun ada hal yang tidak saya sukai dari lingkungan KDE ini, yaitu kebutuhan memory yang besar, hampir 350 MB kapasitas RAM saya dimakan oleh KDE padahal masih dalam kondisi standar belum membuka aplikasi yang berat

Saya putuskan untuk menggunakan distro lain atau desktop selain KDE yang lebih enteng :D, KDE bukan dekstop yang jelek malah sangat bagus, namun boros RAM :p. Walaupun RAM saya juga ga mepet2 banget namun saya nyari efisiennya aja deh :)

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.