Wednesday, November 02, 2011

Menggunakan Jejaring Sosial dengan Bijak

Saya yakin, hampir setiap orang yang pernah buka internet punya akun jejaring sosial :D, utamanya untuk jejaring sosial populer seperti F*cebook dan Tw*tter.
Jejaring sosial menjadi hal yang wajib untuk menjadi 'gaul' lewat media internet. Lewat jejaring sosial itu kita bisa berinteraksi dan berbagi banyak hal dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung.
Namun keberadaan jejaring sosial ini bisa jadi pisau bermata dua loh..
Kalau nggak hati-hati bisa-bisa kita kena apesnya gara-gara salah menggunakan jejaring sosial
Ardhi mau mbahas ni beberapa poin yang harus diperhatikan dalam menggunakan jejaring sosial


1. Perhatikan apa yang kamu posting
Kalau kamu pikir di situs jejaring sosial kamu bisa dapat privasi, adalah kesalahan besar. Internet adalah ruang publik, begitu pula dengan situs-situs jejaring sosial tersebut. Siapapun bisa mengakses semua informasi yang ada di internet, termasuk di jejaring sosial yang ada di internet.
Jadinya misal nih kalau kamu mau pamer foto :D namun kamu tidak ingin pihak2 tertentu melihatnya, mendingan ga usah diuplod sekalian. Okelah kamu bisa memprivate sebagian informasi yang kamu inginkan, namun ada loh pihak yang tetep bisa melihat informasi tersebut, yaitu Administrator situsnya :p. Lagipula ga ada jaminan kalau setiap informasi dalam akun kamu tersebut aman dari tangan-tangan jahil.

2. Pilih teman yang "jelas"
Jangan setiap kali ada friend request langsung diaccept, sangat berisiko soalnya. Apalagi kalau akun yang mengeAdd kita itu belum kita kenal sebelumnya. Bisa2 itu adalah akun klonengan :D yang mungkin hanya sekedar ingin mengorek informasi dari aktivitas kita di jejaring sosial :p.
Hati-hati pula dengan akun yang galau, setiap update-annya yang berisi keluhan atau curhatan yang tidak penting :D. Kenapa harus dihindari? Sebagai pencegahan saja supaya kita ga ikutan galau :p
Liat2 juga siapa teman kamu di jejaring sosial, kalau ada bapak-ibu kamu, ato guru, ato dosen kamu sekali2 jangan melakukan aktivitas mencurigakan yang terlihat di area publik dalam jejaring sosial :D
Amannya, gunakan akun kamu untuk hal-hal yang penting saja atau remove-lah akun-akun yang dekat dengan kamu tersebut :D

3. Inget waktu
Ini juga penting, kalau sudah asik maen FB misalnya, bakal suka lupa waktu kalau ga punya pertahanan diri yang bagus. Kalau sudah parah levelnya jadi telat makan, telat tidur dan juga suka telat mandi :p
Ingatlah bahwa kamu ga dilahirkan cuman buat memelototi akun-akun jejaring sosial tersebut :D
Sekali-sekali bersosialisasilah di dunia nyata untuk mengetahui dan menghadapi kerasnya hidup yang sebenarnya :p
Demikian sedikit ulasan saya mengenai penggunaan akun jejaring sosial, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.