Tuesday, November 15, 2011

Foxit Reader for Linux

 Klo temen2 suka bergelut dengan dokumen pdf, sebagian besar pasti tahu deh sama software Foxit Reader. Foxit Reader merupakan aplikasi freeware pdf reader yang enteng. Kalau selama ini Foxit Reader familiar dipake di Wind*ws, sudah ada juga lho aplikasi versi linuxnya.
Foxit Reader for linux ini bisa diunduh di 
http://www.foxitsoftware.com/pdf/desklinux/download.html. Pada saat artikel ini ditulis, Foxit Reader for linux ini sudah mencapai versi 1.10. Memang sih developmentnya juga baru jadi versinya belum sebanyak Foxit Reader for wind*ws. Ada 2 versi file aplikasi Foxit Reader yang bisa didownload di sana, yaitu paket .deb (untuk distro Debian dan turunannya) serta file .tar.gz (berisi file binary executable yang bisa langsung dijalankan).

Yang Ardhi pake adalah file paket .deb-nya, karena Ardhi pake Debian :D. Selesai didownload tinggal install aja pake gdebi atau lewat CLI, klo lewat cli perintahnya
sudo dpkg -i namapaket
namapaket-nya diganti dengan FoxitReader_1.1.0_i386.deb :D
Habis itu bisa dipake buat baca file PDF, aseli sama persis fitur-fiturnya dengan Foxit Reader yang di wind*ws, cuman kekurangannya belum bisa nge-tab jadi 1 file pdf dibuka di 1 jendela aplikasi.
Kayak gini nih penampakannya :



Oke demikian artikel linux saya kali ini, sampe berjumpa kembali di lain kesempatan. Tetep sehat, tetep semangat biar bisa makan-makan sama pak Bondan :D

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.