Tuesday, August 09, 2011

Kartu Mahasiswa UGM Dirancang sebagai Tiket Buat Naik Trans Jogja!

Sebuah wacana dilontarkan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) dan Pemprov DIY yaitu untuk menjadikan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UGM sebagai tiket bus trans Jogja.
Menurut pakar transportasi UGM Prof Dr Ing, Ahmad Munawar, MSc hal ini didasari dari hasil survei yang dilakukan kepada 500 mahasiswa UGM terkait dengan kendaraan yang mereka gunakan sebagai angkutan menuju kampus. Dari survei tersebut diketahui bahwa moda (jenis) angkutan yang dipergunakan mahasiswa saat ini didominasi sepeda motor sebanyak 81,20 persen, jalan kaki 9,20 persen, mobil 3,20 persen, bus 2,20 persen dan alat transportasi lain-lain 0,60 persen. Mahasiswa yang sebagian besar tinggal di sekitar jalan Kaliurang sebelah selatan Ring Road (47,1 persen), jalan Kaliurang Utara Ring Road (11,80 persen), jalan Affandi Utara (8,1 persen), Ring Road antara UPN dan Condong Catur (4,5 persen) dan Jl Kesehatan dekat RS Sardjito (3,7 persen).


bus Trans Jogja




Rencana penggunaan KTM sebagai tiket bus Trans Jogja sekaligus untuk mengkampanyekan penggunaan angkutan umum guna mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi. Diharapkan dengan rencana tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam menggunakan angkutan umum bus Trans Jogja.
Nantinya dalam penggunaan KTM sebagai tiket bus Trans Jogja tersebut direncanakan untuk menggunakan sistem langganan. UGM mengusulkan tiga opsi tarif, yaitu sistim bulanan sebesar Rp 100 ribu per bulan, sistem semester Rp 400 ribu per semester dan sistem langganan berupa 50 kali naik bis dengan harga Rp 100 ribu. Terdengar komersil memang :p namun ini merupakan sebuah wacana yang bagus dan patut mendapat apresiasi mengingat tujuannya yang memiliki manfaat untuk memasyarakatkan angkutan umum.


Kemudian bagaimana dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS, kampus saya :D ) ?
UNS telah memiliki bus kampus yang siap mengantar mahasiswa dari gerbang depan maupun gerbang belakang dengan tarif Rp 1.000,00.
Sudah cukup bagus menurut saya :D, namun kalau bisa seperti kampus tetangga tersebut (UGM) alangkah lebih baik, mengingat Solo juga memiliki moda (jenis) transportasi yang sejenis dengan trans Jogja yaitu Batik Solo Trans.


Batik Solo Trans



Sumber berita = http://www.detiknews.com/read/2011/08/09/182259/1700278/10/hore-kartu-mahasiswa-ugm-nanti-bisa-untuk-naik-bis-trans-jogja?9922022
diakses 9 Agustus 2011

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.