Thursday, August 11, 2011

JSON (JavaScript Object Notation)


JSON adalah format teks yang ringan (berukuran kecil) untuk pengiriman data. Format JSON mudah untuk dibaca, ditulis, dan dipahami manusia serta mudah untuk diuraikan dan dibuat oleh mesin. Format ini dibuat berdasarkan bahasa pemrograman JavaScript, standar ECMA-262 edisi ketiga – Desember 1999. JSON bersifat language independent namun menggunakan kaidah penulisan yang dikenal luas oleh programmer dari keluarga bahasa C (C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python, dll), hal tersebut menjadikan JSON sangat ideal sebagai bahasa dalam pengiriman data.
JSON tersusun atas dua bagian :
- Kumpulan pasangan nama/nilai. Dalam berbagai bahsa, hal ini direalisasikan sebagai sebuah obyek, record, hash table, keyed list, atau array asosiatif.
- Daftar terurut dari nilai-nilai. Pada sebagian besar bahasa, hal ini direalisasikan sebagai array, vector, list, atau sequence.
Secara virtual semua bahasa pemrograman modern mendukung penggunaan struktur tersebut dalam satu bentuk atau lebih. Hal ini membuat sebuah format data dapat dipertukarkan dengan bahasa pemrograman yang juga menggunakan struktur tersebut.

Pada JSON, struktur tersebut diwujudkan dalam bentuk berikut
1. Object


Struktur Object dalam JSON
Sebuah object adalah sebuah kumpulan nama/nilai yang tidak terurut. Sebuah object dimulai dengan tanda kurung kurawal buka ‘{ ‘ dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal tutup ‘}’. Setiap nama diikuti dengan tanda titik dua ‘:’ dan pasangan nama/nilai dipisahkan oleh tanda koma ‘,

2. Array


Struktur Array dalam JSON
Array adalah sebuah kumpulan nilai yang terurut. Sebuah array dimulai dengan tanda kurung siku buka ‘[’ dan diakhiri dengan tanda kurung siku tutup ‘]’. Antar nilai dipisahkan dengan tanda koma ‘,’.

3. Value

Struktur value dalam JSON
Sebuah value dapat berbentuk string yang diapit tanda petik, sebuah angka, atau nilai true – false, atau null, atau sebuah object, atau juga dapat berupa array.

4. String

Struktur String dalam JSON
Sebuah string adalah suatu rangkaian dari nol atau lebih karakter Unicode, diapit oleh tanda petik, menggunakan backslash\’ sebagai escape character. Sebuah karakter direpresentasikan sebagai karakter string tunggal.

5. Number


Struktur Number pada JSON
Sebuah number dalam JSON adalah sama seperti number yang terdapat di C, namun tidak menggunakan format oktal dan heksadesimal.

disadur dengan perubahan seperlunya dari http://json.org/

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.