Friday, August 10, 2012

Menambahkan Cursor Theme di Xfce

Salah satu kelebihan menggunakan linux adalah kebebasan untuk memodifikasi, termasuk mendandani tampilan.
Kali ini yang saya bahas adalah soal cursor theme atao tampilan kursor mouse, khususnya di desktop Xfce (saya pake Xubuntu 12.04).
Tampilan standar tema kursor di Xubuntu kaya gini
Biar semakin manis, akan coba saya tambahkan tema baru ComixCursor yang saya unduh dari

Setelah mengunduh saya mendapat sebuah file terkompres dengan nama ComixCursors-0.7.3.tar.bz2
File tema kursor tersebut harus dicopy ke directory /usr/share/icons/, copy dengan perintah
sudo cp -v $PATH/ComixCursors-0.7.3.tar.bz2 /usr/share/icons/
catatan:
$PATH di atas ganti dengan path tempat file ComixCursors-0.7.3.tar.bz2 berada, klo misalnya file ComixCursors-0.7.3.tar.bz2 ada di /home/linuxluv/Downloads yang berarti $PATH diganti dengan itu

Kemudian masuk ke direktori /usr/share/icons/ dengan perintah
cd /usr/share/icons/
Ekstrak file dengan perintah
sudo tar -lxvf ComixCursors-0.7.3.tar.bz2
Buang file kompresinya
rm ComixCursors-0.7.3.tar.bz2
Untuk mengaktifkan tema kursor klik di Xfce start menu
Settings --> Setting Manager
Kemudian pilih Mouse and Touchpad, klik di tab Theme. Pilih salah satu tema ComixCursor yang ada di situ
Ntar tema kursor mouse kamu bakal jadi lebih ciamik cie
catatan:
Sayangnya pas saya jajal di Xubuntu 12.04, ga di semua window tema kursor saya ganti
Klo buka terminal, gedit, & firefox sih tampil tema kursor baru ini tapi pas ada di desktop dan di thunar masih tampil tema kursor default.
Yah gapapa deh :)

Semoga bermanfaat
Semakin kreatif dengan opensource :)

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.