Friday, March 30, 2012

Instalasi Grub2 Archlinux



Grub adalah bootloader yang umum dipakai di distro linux.
Default Grub yang terinstall di Archlinux adalah Grub Legacy, namun user dapat menginstall Grub2 yang tersedia di official repository.
Berikut adalah langkah yang saya praktekkan untuk menginstall Grub2 di Archlinux saya
(untuk panduan lengkap bisa dilihat di https://wiki.archlinux.org/index.php/GRUB2)
Buka terminal, ketik perintah
pacman -S grub2-bios

Lalu pacman akan memberi peringatan bahwa package grub2 bentrok dengan grub legacy
::grub2-common and grub are in conflict. Remove grub? [y/N]

saya jawab y saja untuk menghapus grub dan menggantinya dengan grub2
tunggu sampai proses mengunduh package dan instalasi selesai

Kemudian saya menginstall package os-prober agar grub dapat mengenali keberadaan OS lain seperti wind*s di lepi saya
pacman -S os-prober

Proses download dan instalasi package telah selesai, langkah berikutnya adalah konfigurasi. Terdapat beberapa pilihan konfigurasi seperti yang tercantum di wiki Archlinux, namun saya memilih yang recommended, untuk menginstall Grub2 ke sistem Archlinux saya menggunakan perintah berikut

grub-install --directory=/usr/lib/grub/i386-pc --target=i386-pc --boot-directory=/boot/ --recheck --debug /dev/sda

Kemudian untuk menggenerate file konfigurasi Grub2, saya menggunakan perintah
grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg

Jika tidak muncul pesan error, insya Allah Grub2 sukses terpasang, lakukan reboot untuk melihat hasilnya :)

TESTED on 30 Maret 2012, Archlinux 3.2.13-1-ARCH x86_64

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.