Sunday, May 10, 2015

Web Service PHP Menggunakan Slim Framework : Instalasi Slim Framework

Slim Framework sederhananya adalah micro framework PHP yang digunakan untuk membuat Restful web service. Dikatakan sebagai micro framework karena ukuran framework yang kecil dan sederhana, framework khusus untuk task tertentu (dalam hal ini untuk membuat web service).

Berikut ini adalah cara instalasinya
1. Download (manual)
Slim Framework bisa diunduh menggunakan composer, selain itu dapat pula diunduh secara manual di http://www.slimframework.com/.
Cari tombol Download ZIP Archive, kemudian nanti akan ada pilihan untuk mengunduh format zip atau tar.gz (unduh salah satu, sama saja isinya).

2. Ekstrak Slim Framework dari file kompresi yang telah diunduh tadi, masukkan ke htdocs apache web server (atau folder root web server lainnya).

3. Buat file service
Misalkan nama folder hasil ekstraksi Slim Framework dari langkah (2) adalah Slim-2.6.2, kita buat file baru misalnya dengan nama coba_slim.php, taruh sejajar dengan folder hasil ekstraksi Slim Framework.
Isi dari file coba_slim.php
<?php
require 'Slim-2.6.2/Slim/Slim.php';
\Slim\Slim::registerAutoloader();
  
$app = new \Slim\Slim(array(
 'debug' => true //jadikan false ketika sudah dihosting
));
  
$app->run();
?>

hasilnya adalah sebagai berikut
slim01
Error 404 yang muncul tersebut bukan masalah karena belum dibuat fungsi untuk mengolah data.
Demikian perkenalan awal dengan Slim Framework, untuk penggunaan Slim Framework lebih lanjut misalnya untuk mengolah data di database dapat dibaca referensi berikut http://www.ardhi.web.id/2015/05/web-service-php-menggunakan-slim_11.html

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.