Friday, March 08, 2013

Seonggok Dokumentasi Banjir Jakarta 17 Januari 2013

Ini adalah pengalaman saya yang untuk pertama kalinya mengalami musibah banjir yang melanda ibu kota pada bulan Januari 2013.
(semua foto yang tampil di sini adalah asli, hanya kena tambahan watermark saja)

Cerita diawali pada hari Kamis 17 Januari 2013 dini hari, waktu itu saya masih pulas tidur. Samar-samar saya mendengar bunyi hujan yang deras.
Dan hingga pagi harinya pukul 09.00 WIB hujan masih membasahi Jakarta dengan intensitas tinggi, dan hujannya pun konstan, derasnya segitu terus.
Dalam hati saya sudah khawatir, jangan-jangan...
Banjir

Seorang bapak yang menjadi teman satu kost saya, pada hari itu punya agenda untuk ke bandara, dengan nekat beliau menembus hujan dengan bantuan tukang ojek, namun misi gagal.
Bapak tersebut harus gigit jari karena banjir sudah tidak mengizinkan motor tukang ojek bergerak lebih jauh dan beliau pun kembali ke markas.

Hingga kemudian sekitar pukul 10.00 WIB hujan pun reda, saya hari itu tidak dalam kondisi libur, karenanya saya melangkahkan kaki menuju kantor yang letaknya tidak terlalu jauh dari kost saya. Namun jreng... jreng...
Begitu saya keluar dari gang, air sudah menggenang
Foto di bawah ini saya ambil pada pukul 10.25 WIB, nampak air sudah tumpah ruah



Saya hanya bisa terdiam tanpa kata memandang galau apa yang terjadi, dalam diam saya terhenyak kaget... Dan kemudian saya hanya bisa mengungkap tanya, kenapa... kenapa... kenapah?
Oke, sudah cukup lebay
Masih di tempat yang sama, saya kemudian mengambil gambar kembali pada pukul 10.34 WIB. Air semakin banyak.


Pukul 10.41, sekitar tempat saya berpijak telah diserbu air...
 

Pukul 10.42 WIB, masih ada yang lewat di jalan yang telah tergenang.
 

Massa sekitar pun juga berdatangan sementara air semakin tinggi, saya mengambil gambar kembali pada pukul 10.46 WIB.

Demikian, saya akhirnya ngeri juga mengamati dengan mata kepala saya sendiri air yang terus datang. Setelah mengambil foto di atas saya kemudian memutuskan untuk kembali ke kost dan membatalkan keberangkatan saya ke kantor karena...
kantor saya pasti sudah tergenang air
UPDATE
Berikut ini lanjutannya, sayang saya sudah tidak punya metadata waktu pengambilan foto karena sehabis ganti custom ROM metadata foto saya jadi ngaco :p Banjir mencapai gang depan kos saya Kamis (17-01-2013) sekitar pukul 12.
Banjir mulai surut Kamis sore (17-01-2013). Setelah masayarakat membendung jalan masuk gang.

Jalan menuju kantor saya juga tergenang.
Banjir yang menerjang Jalan Tanjung Karang, di depan sebuah restoran cepat saji.
Penampakan di depan gedung UOB, sekitar Halte Tohsari.
"Kolam" yang terbentuk di depan gedung UOB.
Lumpur yang tersisa setelah banjir.
Jalan Tanjung Karang yang telah surut air banjirnya
Gedung UOB yang sempat menjadi pusat perhatian karena adanya musibah di basementnya.
Mobil liputan stasiun tv yang standby di depan gedung UOB
Penampakan jalan aspal yang rusak akibat tergerus air banjir di dekat halte Tohsari
Penampakan peringatan yang dipasang masyarakat di jalan yang menuju tanggul Latuharhari, dipasang di depan Stasiun Sudirman.
Demikian dokumentasi yang sempat saya ambil saat saya mengalami kejadian banjir di ibukota. Kita sudah wajib untuk peduli menjaga lingkungan agar musibah seperti ini tidak terulang terus setiap tahunnya.

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.