Thursday, January 03, 2013

Menjajal Mendevelop Aplikasi untuk Platform Ubuntu for Smartphone [bagian 1]

Cannonical baru saja mengumumkan ketersediaan operating system berbasis linux mereka yaitu ubuntu yang merupakan distro linux sejuta umat di ranah mobile (smartphone) setelah sebelumnya diawali dengan hitungan mundur misterius di web mereka (http://ubuntu.com). Ini merupakan langkah besar yang dilakukan Cannonical untuk menjadikan Ubuntu dapat diinstal pada perangkat smartphone.
Ini videonya dari Om Shuttleworth

Saya sebagai pengguna Ubuntu tentu saja tidak mau melewatkan momen ini untuk ikut serta ke dalamnya. Saya langsung saja capcus untuk melihat bagaimana lingkungan development yang disediakan untuk mendevelop aplikasi untuk Ubuntu yang dipake di smartphone ini.

Ubuntu menyediakan sumber daya yang lengkap, sebuah web disediakan untuk "memanjakan" para developer. Web yang beralamat di
dapat teman-teman akses untuk mempelajari pembangunan perangkat lunak di platform Ubuntu yang baru.
Sekilas saya baca, aplikasi native untuk Ubuntu for smartphone ini akan berbasis Qt framework, dan saya cukup "wow" begitu mengetahui bahwa Qt versi 5 yang akan digunakan untuk keperluan tersebut. Sebagai informasi, Qt adalah framework yang sama yang digunakan pada desktop KDE yang terkenal dengan keindahannya itu.

Perjalanan saya sebagai newbie Ubuntu for smartphone developer pun dimulai, pertama kali saya harus  menginstall Qt 5 seperti yang dijelaskan pada web. Sebagai informasi saya menggunakan Xubuntu 12.10. Cukup eksekusi perintah berikut untuk menginstall Qt 5
sudo add-apt-repository ppa:canonical-qt5-edgers/qt5-beta1 && 
sudo apt-get update && 
sudo apt-get install qt5-meta-full && 
echo 'export PATH=/opt/qt5/bin:$PATH' >> ~/.bashrc
ada sekitar 100 MB berkas yang harus saya unduh, kebetulan hari ini adalah hari terakhir gratisan paket smartfr*n saya, tanpa ragu saya eksekusi.

Langkah selanjutnya dalah menginstall Ubuntu QML toolkit preview. Ada kata "preview" yang menggelitik saya, biasanya preview digunakan untuk aplikasi yang masih dalam tahap beta atau belum rilis final. Yup saya maklumi karena ini masih sangat baru, masih hangat :p.
Untuk menginstall Ubuntu QML toolkit preview eksekusi perintah berikut
sudo add-apt-repository ppa:ui-toolkit/ppa && 
sudo apt-get update && 
sudo apt-get install qt-components-ubuntu 
qt-components-ubuntu-demos qt-components-ubuntu-examples 
qt-components-ubuntu-doc notepad-qml 
Aplikasi yang dibutuhkan sudah keinstall semua, trus gimana cara mendevelop aplikasinya saya masih belum tahu :p

2 comments:

prima said...

ini baru mas ardhiesta suwun suwun mas .. kui uwis aku tinggal yang berikutnya sing tak butuhin

ardhi wijayanto said...

postingan berikutnya menyusul ;)

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.