Wednesday, November 21, 2012

Menyimpan Halaman HTML Lengkap di Firefox dengan Ringkas Menggunakan Mozilla Archive Format

Teman-teman pasti pernah browsing dan mampir ke suatu halaman web, terkadang menyimpan halaman tersebut agar bisa dibaca lain waktu secara offline. Pastinya sering suatu halaman kita simpan sebagai "Web Page, complete" yang artinya semua content (image, script, dll) yang ada di halaman tersebut juga ikut disimpan agar tampilan halaman ketika dibuka secara offline juga sama seperti ketika halaman dibuka saat masih terkoneksi ke internet.

Penyimpanan sebagai Web Page, complete akan menghasilkan sebuah file .html dan sebuah folder yang berisi content-content halaman tersebut. Dan biasanya file-file seperti ini jika jumlahnya banyak akan memerlukan waktu yang cukup lama bila dicopy karena dalam folder yang berisi content tersebut terdapat banyak file.
Ada cara agar halaman web bisa disimpan dengan lebih praktis sebagai Web Page, complete yaitu dengan menggunakan add-on firefox yang bernama Mozilla Archive Format.
Setelah add-on diinstal saat akan menyimpan halaman akan muncul opsi untuk menyimpan halaman dengan format "Web Archive, MAFF zipped"
Dengan begini halaman web beserta content di dalamnya akan disimpan dalam sebuah file terkompresi berekstensi .maff
Untuk membuka file .maff tersebut pake firefox aja, atau bisa juga dengan mengekstraknya terlebih dulu.

1 comments:

obat herbal untuk asam urat said...

wah ini informasi yang sangat bagus, terimakasih

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.