Tuesday, May 15, 2012

Uninstall Unity di Ubuntu 12.04

Saya pun akhirnya tergoda untuk merasakan Ubuntu 12.04 a.k.a. Precise Pangolin. Saya pun mengunduh iso imagenya dari repo sejuta umat kambing.ui.ac.id.
Ubuntu 12.04 is s*ck disaster!
Begitulah kesan saya setelah menginstall OS yang dulu pernah sangat saya sukai ini. RAM yang dipakai Precise Pangolin saat standby terlalu cem-macem menurut saya. Masa' sih saya ga ngapa-ngapain aja sudah kepake sekitar 400 MB. Yah ini mungkin karena efek RAM yang terinstall 3 GB, sistem akan menggunakan RAM secara optimal agar lebih cepat. Selain itu karena saya menggunakan Ubuntu 64 bit yang memang butuh memory agak gedhe.

konsumsi RAM Unity di lepi saya

Saya bisa memahami, masalahnya adalah Unity! Desktop custom dari Kanonikal (sengaja salah nulisnya) ini sok kemaki, dia menjalankan terlalu banyak service. Ya memang jadi multi fungsi sih desktopnya, kita bisa search apa aja lewat Unity, tapi saya ga suka buang2 RAM. Akhirnya muncul ide untuk medepak Unity dari muka bumi ini.

PERINGATAN!
Pikirkan kembali dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti tutorial ini.
Ardhi ga bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang terjadi terhadap sistem kamu apabila setelah kamu mengikuti tutorial geje ini kemudian sistem kamu mengalami crash, hang, ataupun wafat. Segala bentuk kerusakan yang mungkin terjadi adalah tanggung jawab mu.


Ga bermaksud menakuti sih, cuman buat jaga2 aja karena Ubuntu kamu bakal ga seperti yang dulu lagi (halah) setelah kamu membumihanguskan Unity dari muka bumi ini.

Jreng... jreng...
Ini dia caranya:
1. Buka terminal, install desktop “Gnome Fallback” sebagai ganti dari Unity. “Gnome Fallback” ini nanti akan membuat desktop kamu seperti layaknya Gnome 2 yang punya panel di bagian atas dan bawah. Install dengan perintah:
sudo apt-get install gnome-session-fallback

2. Setelah “Gnome Fallback” terinstall, reboot trus liat di lightdm ntar bakal ada pilihan session “Gnome Classic” dan “Gnome Classic (no effect)”. Kamu pilih session Gnome Classic dan masuk ke Ubuntu. Jreng… jreng.. Ubuntu kamu udah ga pake Unity. Jika kamu mau maen aman, Unity ga usah dibuang deh yang penting udah ada Gnome Fallback buat merasakan “desktop biasa”.

3. Jika kamu punya nyali lanjutkan ke langkah ini, buang Unity-nya jika kamu ga suka sama Unity. Ketik perintah :
sudo apt-get remove unity unity-2d-places unity-2d unity-2d-panel unity-2d-spread unity-asset-pool unity-services unity-lens-files unity-lens-music unity-lens-applications unity-common

4. Selesai, saya menyatakan telah membuang Unity dari kehidupan saya! Hasilnya, penggunaan RAM menurun walaupun masih kurang sesuai ekspektasi saya.

konsumsi RAM Gnome Fallback di lepi saya

penampakan desktop Gnome Fallback

KNOWN PROBLEM
Ada beberapa hal yang terjadi setelah saya membuang Unity.
1. Saya ga bisa berpindah dari satu window ke window lain menggunakan Alt+Tab. Ya sudah ikhlas saja yang penting Unity ilang!
2. Saat tombol Print Scrn ditekan ga akan muncul window yang biasanya suka perhatian nanya mau disimpen di mana hasil print screennya, ini mengikuti Gnome 3.4. Kalau mau print screen seluruh layar tekan  Print Scrn, kalau cuma mau print screen window yang aktif tekan  Alt+Print Scrn.

UPDATE
Kamu juga bisa install Gnome Shell ke Ubuntu 12.04 dengan perintah
sudo apt-get install gnome-shell
 
penampakan desktop Gnome Shell
 

konsumsi RAM Gnome Shell di lepi saya

2 comments:

cipil said...

mantab om :D

berhasil 100% makasih tutornya

ardhi wijayanto said...

sama sama :D

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.