Wednesday, February 15, 2012

Menjalankan Aplikasi 32 Bit di Ubuntu Amd64

Orang kantor saya pada menggiatkan penggunaan OS 64 bit, katanya demi perkembangan jaman. Dengan berbekal laptop kantor yang RAMnya cuman 2GB. saya pun melu.
Pilihan saya jatuh pada Xubuntu 11.10 amd64 (Ubuntu dengan desktop XFCE) Sebenarnya sedikit rugi saya pake 64 bit dengan hardware yang RAMnya cuman 2GB karena menurut referensi yang saya baca OS 64 bit akan bekerjan maksimal dengan RAM di atas 4GB, sedangkan OS 32 bit hanya mampu mengenali RAM hingga 3GB-an.

Sampe akhirnya instalasi OS selesai. Masalah mulai datang setelah saya donlod firefox dari situsnya Mozilla, sudah kebiasaan saya untuk meremove firefox bawaan dari repo Ubuntu. Xubuntu saya tidak bisa mengeksekusi executable firefox. Saya mulai curiga jangan2 karena program firefoxnya untuk arsitektur 32 bit.
Akhirnya saya ketmu artikel https://help.ubuntu.com/community/32bit_and_64bit
Dijelaskan bahwa untuk menjalankan program 32 bit di Ubuntu 64 bit terdapat berbagai alternatif cara, salah satunya dengan menginstall library 32 bit.
Berikut ini adalah perintah instalasi library 32 bit lewat CLI

sudo apt-get install ia32-libs

Sejumlah paket akan diinstal, dan ternyata benar setelah instalasi paket tersebut Xubuntu 11.10 amd64 saya dapat menjalankan program 32 bit.

0 comments:

Post a Comment

ardhi.web.id. Powered by Blogger.